Monday 23 April 2012

Mengubah Posisi Taskbar


Jika anda seorang pengguna Windows XP, maka tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya Taskbar, yaitu sebuah palang yang secara default berwarna biru dan terletak di bagian bawah area layar dan berisi tombol [Start] menu di sebelah kiri dan System Tray di sebelah kanan. Tahukah anda, sebenarnya terdapat banyak hal yang bisa anda lakukan terhadap Taskbar, agar Taskbar anda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.
Mengunci Taskbar
Secara default posisi Taskbar adalah tidak terkunci, dimana anda diperbolehkan untuk mengubah-ubah ukuran dan posisi dari Taskbar. Jika Taskbar terkunci, maka ukuran dan posisi Taskbar tidak dapat diubah. Untuk mengunci Taskbar, klik kanan di area kosong di dalam Taskbar, hingga muncul menu, kemudian pilih [Lock the Taskbar]. Perbedaan antara Taskbar yang tidak terkunci dan terkunci adalah, pada Taskbar yang tidak terkunci akan terlihat sebuah baris kecil sepanjang Taskbar yang terletak diatas Taskbar, sedangkan pada Taskbar yang terkunci tidak akan terdapat baris tersebut.
Memperbesar Taskbar
Secara default, Taskbar akan memiliki lebar satu baris, untuk memperbesarnya, arahkan mouse pointer ke bagian atas Taskbar hingga mouse pointer berubah menjadi tanda berupa tanda  yang memiliki panah pada kedua ujungnya. Kemudian klik kiri, tahan, dan geser ke atas untuk memperbesar Taskbar. Anda dapat memperbesar Taskbar hingga berukuran setengah area layar.
Memperkecil Taskbar 
Tidak jauh berbeda dengan memperbesar Taskbar, untuk memperkecil Taskbar, setelah mouse pointer berubah menjadi tanda berupa tanda yang memiliki panah di kedua ujungnya, klik kiri, tahan, dan geser ke bawah untuk memperkecil Taskbar. Taskbar dapat diperkecil hingga menjadi tidak terlihat di layar atau dengan kata lain hilang. Untuk mengembalikannya anda dapat memperbesar kembali ke ukuran semula. Atau jika hanya ingin mengakses [Start] menu saja, anda dapat menekan tombol bergambar [Windows] pada keyboard, untuk memunculkan [Start] menu. Yang menarik adalah [Start] menu yang muncul akan berada di tengah area layar.
Memindahkan Taskbar 
Untuk memindahkan Taskbar klik kiri pada area kosong di dalam Taskbar, tahan klik kiri tersebut, geser ke arah kiri, kanan, atau atas layar, hingga Taskbar berpindah, setelah posisi Taskbar sesuai dengan yang dinginkan, lepaskan klik kiri.
contohnya kayak gini gan :


Menyembunyikan Taskbar 
Untuk menyembunyikan taskbar anda dapat mengaktifkan opsi Autohide, dimana Taskbar akan disembunyikan saat mouse pointer tidak berada di atas posisi Taskbar, dan Taskbar akan dimunculkan kembali saat mouse pointer berada di atas posisi Taskbar. Untuk mengaktifkan Autohide, klik kanan pada area kosong di dalam Taskbar, hingga muncul menu, kemudian pilih [Properties]. Pada jendela [Taskbar and Start Menu Properties] yang muncul, pada Tab [Taskbar] beri tanda centang pada opsi [Auto-hide the taskbar], kemudian klik tombol [OK].

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © NAM.NAM Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger